Sabtu, 20 Agustus 2016

[MERDE(?)A], (?)= K/S

-MERDEKA!

merdeka/mer·de·ka/ /merdéka/ a 1 bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri: sejak proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 itu, bangsa kita sudah --; 2 tidak terkena atau lepas dari tuntutan: -- dari tuntutan penjara seumur hidup; 3 tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu; leluasa: majalah mingguan --; boleh berbuat dengan --;
-- ayam ki bebas merdeka (dapat berbuat sekehendak hatinya);

"jam 10 pagi kita merdeka, hari minggu, jepang menyerah, MERDEKA-MERDEKA-MERDEKA!
mereka berkumpul di lapangan, arjuna titisan surya membacakan prolamasi, alleluya, allahuakbar, KITA MERDEKA, MER-DE-KA."

"kita akhirnya bisa membangun nasib kita, budaya serta makanan apa yang akan kita lahap pada sarapan esuk siang. pak Karyo jadi pak Camat, dan Jaka jadi Gubernur, MERDEKA"

sebuah pembicaraan yang kadang terbesit di dalam pikiran ketika proklamasi selesai di bacakan. senyum para rakjat sipil.

2016

juataan mahasiwa, penduduk sipil mulai beradu jempol, apakah kita suah MERDEKA? pertanyaan mainstream di era "pergerakkan". mereka dan hanya mereka selalu bertanya dan beragumen musiman apkah kita sudah merdeka?

yang mereka maksud adalah, apakah kita sudah MERDESA?

merdesa/mer·de·sa/ /merdésa/ a layak; patut; sopan (beradab): perkataan yang tidak --; kelakuan dan perbuatan yang --;-- (di) perut kenyang, pb adat yang halus hanya dapat dilakukan apabila orang berkecukupan atau kaya
Merdesa sebuah kata bukan plesetan yang besuk bisa menjadi Merkota, memiliki makna yang sudah ada dan matang

kita belum MERDESA

0 comments:

Posting Komentar

Formulir Kontak